Travel Ke Pulau Sumba Pulau Indah Nan Menawan

Travel Ke Pulau Sumba Pulau Indah Nan Menawan - Sebetulnya tidak sedikit tempat wisata keren  yang ada di Indonesia,mulai dari laut,gunung,budaya,hingga cerita legenda di setiap daerahnya.Nah hari ini usang bakal sedikit membagi Informasi mengenai tempat wisata di Pulau Sumba yang bisa  jadi bahan tujuan wisata kalian.

Sebelum usang bahas,telah ada yang tau dengan Pulau Sumba? Hari ini usang bakal mengklarifikasi mengenai kehadiran pulau tersebut.Tidak sedikit orang salah mendefinsikannama dan kehadiran Pulau Sumba dengan Pulau Sumba(wa).Jadi kalian wajib benar benar fokus mendengar alias membaca lokasi pulau tersebut.
pulau sumba

Travel Ke Pulau Sumba Yang Indah Nan Menawan

Lokasinya juga tidak sama provinsi,apabila Pulau Sumba(wa) berada di Nusa Tenggara Barat,dan Pulau Sumba terdapat di Provinsi Nusa Tenggara Timur.Jadi kalian telah biasa membedakan dari keduanya bukan ? Ya, Pulau Sumba dan Pulau Sumba(wa) pakai kata wa.

Baiklah,sekarang usang bakal mengulas tempat yang recomended apabila kalian mengunjungi Sumba.

1.Sumba Barat Daya
Letak Sumba Barat Daya sendiri berada di ujung Pulau Sumba,kota yang terdekat dan jalan masuk mudah apabila kalian memakai pesawat adalahWaikabubak dan Waitabula.Di Sumba Barat Daya memliki tidak sedikit lokasi wisata tetapi,belum usang jelajahi semuanya.nah kini bakal usang tulis satu per satu ya.

Pantai Mbawana - alias bisa juga di sebut Pantai Batu Bolong sendiri berada di daerah Sumba Barat Daya,lokasi yang berada di selatan.Apabila kalian menuju ke pantai ini membutuhkan waktu kurang lebih tidak lebih lebih 3 jam dari Sumba barat Waikabubak.

Akses menuju ke Mbawana lumayan menguras tenaga,sebab di pertengahan kalian bakal mendapati jalan yang tidak terlalu keren dan berlubang.Apabila kalian mengendarai motor mungkin bisa lebih efisien terhadap waktu.

Tapi di pantai ini salah tempat untuk menikmati sunset indah di Sumba Barat Daya.biaya yang diperlukan disini adalah bayar parkir seikhlasnya terhadap warga yang menjaga.Saran,apabila mengunjungi pantai ini diusahakan lebih dari 2 orang,sebab daerah yang tetap sepi dan untuk berjaga jaga di perjalanan.

Selain Mbawana,kalian juga bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata di daerah Sumba Barat Daya selagi 1 hari penuh.Semacam,Weekuri,Pantai Mandorak,dan Kampung Budaya Ratenggaro sebab kebetulan letak tempat wisata tersebut satu arah dan jaraknya tidak terlalu jauh.

Danau Weekuri/Weekuri Lagoon
Weekuri-Danau ini sebetulnya bukan danau orisinil dengan air alami,melainkan terjadinya proses air laut yang masuk dari lubang lubang karang.Sebab letak danau Weekuri sendiri berbatasan dengan laut lepas.Airnya sendiri berasa payau dan pasang surutnya mengikuti air laut yang masuk mengisinya.

Tetapi kini Weekuri tidak semacam foto diatas,sebab kini telah mempunyai papan loncat dan pondok pondok beton dan jalanan telah mulus di semen.Tidak sama dengan dulu yang tetap melintasi jalan setapak dan tetap rimbun.Biaya yang dikeluarkan saat mengunjungi wisata ini cukuplah terjangkau,hanya bayar uang parkir terhadap penjaganya dengan nominal yang wajar.

Pantai Mandorak -berjarak tidak jauh dengan Weekuri kurang lebih tidak lebih lebih 15 menit menuju pantai ini.Pantai ini juga mempunyai keunikan tersendiri,posisi pantai yang tersembunyi di antara karang yang membentuk semacam benteng pantas menjadi destinasi kalian apabila berkunjung ke Sumba Barat Daya.Di pantai ini terdapat suatu  vila kecil yang dimiliki oleh orang asing tapi ia memperbolehkan kami masuk untuk mengunjunginya.Biaya disini juga tidak terlalu besar,cukup dengan bayar parkir terhadap penjaganya yang terdapat di pintu masuk.

Kampung Budaya Ratenggaro
Kampung ini mempunyai keunikan pada rumah budaya (Uma Kelada) dengan menara yang menjulang tinggi mencapai 15 meter, tidak sama dengan rumah - rumah budaya di kampung lainnya yang tinggi menaranya hanya mencapai 8 meter. Ratenggaro yang berarti Kubur Garo ini menjadi populer sebab adanya 304 buah kubur batu dan 3 diantaranya berbentuk unik yang terletak dipinggir laut dan adalah kuburan bersejarah. Masyarakat dikampung ini tetap mempraktekkan tradisi Marapu dan budaya istiadat peninggalan leluhur semacam kampung kampung lain pada umumnya yang ada di kabupaten Sumba Barat Daya.Lokasi Kampung budaya Ratenggaro berdekatan dengan  kampung Wainyapu yang juga terletak di pinggir pantai dan muara sungai Waiha dengan bentangan pantai berpasir putih yang panjang.

2.Sumba Barat
Air terjun Lapoppu
Air terjun ini terletak di daerah Sumba Barat,lokasinya yang tidak jauh dari kota Waikabubak menjadi salah satu destinasi yang patut kalian kunjungi apabila sedang berlibur di Sumba.Air yang berwarna biru tosca membikin siapa saja bakal betah berlama lama untuk mandi dan menikmati suasana yang begitu tenang.akses menuju ke air terjun Lapoppu tidak terlalu susah,perjalanan memakai motor ataupun mobil kurang lebih tidak lebih lebih 1 jam dari Waikabubak Sumba Barat.Selain Air terjun Lapoppu,kalian juga bisa mengunjungi destinasi lainya dalam 1 hari semacam : Air terjun Matayangu,Pantai lai liang,Pantai kerewei,lapangan Pasola Lamboya.

Pantai Lailiang
Letaknya ada di Desa Baliloku, Kecamatan Wanokaka, Sumba Barat,tidak lebih lebih kurang lebih 60 menit perjalanan dari Waikabubak. Kalian bisa memakai motor alias mobil untuk mencapai pantai ini.

Keadaan jalan yang lumayan sempit tetapi mempunyai permukaan aspal yang halus membikin perjalanan ke pantai ini tenang dan lumayan sepi pengunjung.

Pantai ini diapit oleh dua tebing yang besar, pasirnya putih dan airnya tetap bersih dari sampah. Ombaknya tidak terlalu besar jadi bisa digunakan untuk bermain air di pesisirnya.

Pantai ini sangat tepat untuk bersantai menikmati keindahan alam dengan suara ombak yang tiada henti. Pantai lailiang menyuguhkan gradasi warna langit dengan hisasan awan menggsungguh memanjakan mata bagi siapa saja yang datang.Sumba menyimpan tidak sedikit keindahan yang tersembunyi.

Pantai Kerewei
Pantai berpasir putih ini adalah tempat penyelenggaraan upacara budaya Kako Male, sesaat menjelang Pasola lamboya. Berlokasi di Kecamatan Lamboya. Kondisi jalan menuju lokasi berupa jalan aspal dengan kondisi baik. Moda transportasi umum yang. Terdapat menjangkau lokasi ini tetapi tidak sedikit wisatawan lebih memilih jasa rentcar.

Belum terdapat warung makan di lokasi obyek wisata jadi disarankan apabila kalian bakal mengunjungi pantai ini usahakan mengangkat makanan sendiri ya.hehe

Di lokasi pantai juga tidak ada fasilitas penginapan jadi pengunjung sebaiknya menginap di pusat kota Waikabubak yang terdapat tidak sedikit opsi fasilitas hotel yang ada di kota Waikabubak.

3.Sumba Tengah
Apabila kalian mengunjungi daerah Sumba Tengah kalian bisa mengunjungi berbagai tempat yang bisa jadi opsi apabila berkunjung ke Pulau Sumba.pertama tama kalian bakal melalui Taman Nasional Tana Daru,disana terdapat savana yang lumayan luas dan kalian bisa menikmati suasana alam terbuka dengan tenang.

Seusai dari Taman Nasional kurang lebih 1 jam kalian bakal berjumpa pantai(pantai di Sumba Tengah belum usang kunjungi jadi tidak bisa kasih liat fotonya)tapi apabila kalian berada di Taman Nasional Tana Daru,kalian bisa menonton dari kejauhan bentuk pantai yang sepi dan jarang di kunjungi oleh wisatawan.

4.Sumba Timur
Nah di Sumba Timur ini ada berbagai tempat yang mungkin bisa kalian kunjungi dengan waktu yang lumayan.kenapa lumayan,sebab jarak dari lokasi wisatanya lumayan jauh dan tidak sama arah makanya apabila kalian berkunjung ke Sumba Timur betapa baiknya menyediakan waktu kemarin hari tambahan apabila ingin memperoleh tidak sedikit tempat wisata di Sumba Timur.Tempat di Sumba Timur yang paling mudah di kunjungi adalah Wairinding.

Tidak susah untuk mencapai Bukit Wairinding,dengan berlangsung menaiki tanjakan tidak terlalu tinggi kalian telah bisa menikmatinya bersama sahabat alias kawan perjalanan.Selain itu tetap ada beberap destinasi lagi yang bisa kalian kunjungi semacam Pantai Walakiri,Air terjung Waimarang,Air terjun Tanggedu,Tarimbang.Dari berbagai tempat wisata di Sumba Timur rata rata memakan waktu kurang lebih 2 hingga 3 jam perjalanan,itu waktu untuk jarak tempuh menuju ke air terjun dan berbagai tempat yang lainya.

ya bukit yang sangat hits  membikin siapapun orang bakal terkesima menonton keindahanya.Akses dari kota Waingapu sendiri lumayan gampang,dengan memakai motor tidak lebih lebih 40 menit ke arah barat di jalan antar kota kalian telah bisa mengunjunginya dengan barometer ada suatu  rumah yang berjualan terletak di tikungan tajam,nah di belakang rumah itu Wairinding berada.

Pantai Walakiri
Pantai Walakiri adalah salah satu pantai indah di Sumba Timur  dengan ciri khas pantai di Sumba yang cenderung tenang, landai dengan hamparan pasir putihnya.

Berada tidak jauh dari pusat Kota Waingapu yaitu kurang lebih 24 km dan bisa ditempuh kurang lebih 30 menit perjalanan, jalan masuk menuju Walakiri benar-benar mudah yaitu berada tidak jauh dari jalan raya menuju arah Melolo.

Kalian bisa menyewa motor/ mobil dari Waingapu untuk menuju ke Walakiri sebab sedikit susah untuk mencari transportasi umum di kota di Sumba.

cukup tidak sedikit dikunjung oleh wisatawan baik dari dalam kota maupun luar kota, tidak ada tarif yang dikenakan oleh warga setempat untuk mengunjungi pantai indah ini,biaya seikhlasnya.

Di tambah lagi seusai Mira Lesmana yang memproduseri film Pendekar Tongkat Emas menawarkan pantai Walakiri lewat akun instagramnya.Walakiri pun terus tidak sedikit yang mengunjunginya.

Walakiri mempunyai pohon bakau yang unik dengan hamparan pasir putih dihiasi susunan pohon kelapa yang melengkapi suasana tenang dan enjoy bagi para pengunjung berlangsung menyusuri pantai.

Walakiri ini terbilang pantai yang sangat unik dan adalah spot yang paling tepat untuk menantikan matahari terbenam.sebab sajian pohon bakaunya yang membentuk siluet dengan bentuk berkelak kelok semacam orang berdansa dibalut dengan grasi langit yang berwarna orange menjadi pembeda dari setiap pantai yang ada di Sumba.Jadi kapan kalian mau membuktikanya sendiri? eits,Jangan lupa siapkan kamera kalian untuk mengawetkan peristiwa tersebut.

Air Terjun Tanggedu
Perjalanan memakan waktu hampir 3 jam lamanya, Melalui jalan yang kosong hingga menaiki bukit yang indah, Kuda kuda liar berlarian leluasa tanpa ada beban dan langit seakan bakal berada di atas kepala sebab hampir tidak ada satupun awan yang menghiasi hanya warna biru yang cerah sejauh mata memandang.

Kami pun hingga di tempat penyimpanan motor, sebab kami wajib trekking lagi sebelum hingga di air terjun. Trekking tidak lebih lebih 1 jam melintasi savana dan perkampungan kecil yang berada disana menaiki bukit, turunan terjal dan melintasi sungai kecil.

Dan akhirnya kami hingga di air terjun, warna air biru tosca, air dari kanan dan kiri mengalir, dan batu berwarna putih yang menjadi lanskap indah terpampang di mata menikmati air terjun dengan duduk dan mengobrol adalah faktor yang paling tidak jarang kami perbuat.

Pantai Tarimbang
Hamparan pasir putihnya yang begitu luas dan sangat halus dibalut kombinasi warna air laut yang biru menjadi suguhan yang sangat cantik dan mempesona siapapun yang mengununginya.

Sekilas Pantai Tarimbang ini terkesan semacam suatu  teluk yang diapit oleh dua buah tebing di kedua sisinya.Bukan itu saja,pantai ini juga dikelilingi oleh perbukitan hijau yang membikin suasana di kurang lebih menjadi terus lengkap keindahannya.

Akses Menuju Pantai Tarimbang Ada 2 pilihan untuk menuju Pantai Tarimbang yaitu via Sumba Barat (Waikabubak) alias dari Sumba Timur (Waingapu. Untuk keduanya baik Waikabubak dan Waingapu, telah terdapat tidak sedikit maskapai penerbangan yang melayani penerbangan ke kedua kota ini dengan transit terlebih dahulu di Bali. Dari Bandar Udara Umbu Mehang Kunda, Waingapu, jarak Pantai Tarimbang kurang lebih 89 km.

Bagi kalian yang mengawali perjalanan dari Waingapu, sebelumnya bisa menyewa kendaraan baik motor ataupun mobil dikarenakan belum terdapatnya transportasi umum menuju kawasan Tarimbang.

Apabila mengawali perjalanan dari Waingapu maka tujuan kami adalah mengikuti jalur lintas Sumba menuju baratnya Sumba Waikabubak. Tidak lebih lebih 10 km dari pusat Kota Waingapu pengunjung bakal melintasi batas Waingapu yang ditandai dengan patung kuda di segi kanan dan kiri jalannya.

Perjalanan dari batas kota tetap terbilang lumayan jauh, Anda bakal melintasi jalur trans Sumba yang beraspal halus tetapi berkelok-kelok semacam huruf "S". Di tengah perjalanan Anda bakal melalui kawasan Bukit Wairinding yang menandakan bahwa perjalanan lumayan jauh kurang lebih 1/4 menuju pantai.

Kira kira 50km jaraknya dari Waingapu terdapat suatu  pertigaan yang biasa disebut Simpang Praipaha. Dari simpang itu, perhatikan jalan ke kiri sesuai dengan papan petunjuk jalan yang bertuliskan Tarimbang.

Sebetulnya tetap tidak sedikit Destinasi yang bisa dikunjungi di Pulau Sumba,sebab ini destinasi yang sempat usang kunjungi saat mengunjungi Sumba,semoga tempat wisata ini bisa berkegunaaan buat kawan kawan yang ingin berlibur dan bimbang bakal tempat wisata yang bakal di kunjungi.

Share this

Related Posts

Previous
« Prev Post